Pages

Labels

Kamis, 11 Oktober 2012

Kelebihan Email di Alamat Gmail

Anda pernah salah kirim email kepada teman Anda hanya karena salah memberi titik dalam alamat emailnya? Hal itu sebenarnya tak perlu terjadi jika teman Anda tersebut memiliki alamat Gmail. Sebuah layanan email dari Google yang dibuat untuk kita secara free alias gratis.

Perkembangan Email

Tahun 1971 adalah tahun bersejarah dalam perkembangan dunia internet, karena pada tahun itu email pertama dikirim. Uniknya pengiriman email pertama itu dilakukan oleh dua komputer yang berdampingan.Samuel B Morse mengetikkan kata ‘Sesungguhnya hebat apa yang telah Tuhan tulis!’ pada Mei 1844 saat menciptakan mesin telegraf.
Sementara Alexander Graham Bell sebagai sang pionir telepon memiliki pesan yang sangat legendaris pada Maret 1876 yaitu, ‘Tuan Watson, kemarilah. Saya ada perlu dengan Anda!’ pada asistennya. Lalu apa yang dikirimkan Ray Tomlinson pada e-mail pertamanya?
Kata pertama yang tertulis dalam email pertama itu adalah ‘QWERTYUIOP’ yang tidak lain adalah baris pertama tuts alfabet pada papan ketik. Namun, sebenarnya Tomlinson sendiri tidak terlalu ingat apakah itu benar kata pertamanya atau bukan.
Penggunaan tanda @ tidak melalui proses panjang, melainkan hanya pemikiran sekira setengah menit. @ sendiri dibaca ‘at’ yang merupakan preposisi dalam bahasa Inggris untuk menunjukkan tempat (terkadang waktu juga).
Tomlinson lahir di Amsterdam, New York, tapi kemudian keluarganya pindah ke sebuah desa kecil bernama Vail Mils. Dia bersekolah di Rensselaer Polytechnic Institute di Troy, New York. Dia berpartisipasi dalam program co-op dengan IBM. Pada 1963 dia lulus dari institut tersebut dengan gelar sarjana dalam bidang teknik listrik.
Setelah lulus, dia melanjutkan pendidikan ke Massachusetts Institute of Technology. Di sana dia mengembangkan synthesizer analog-digital hibrida untuk penelitian tesisnya. Kemudian pada 1965 dia lulus dengan gelar master teknik elektro.
Tahun 1967 dia bergabung dengan perusahaan teknologi Bolt, Beranek dan Newman yang sekarang bernama BBN Technologies. Di sini dia membantu mengembangkan sistem operasi TENEX untuk ARPANET. ARPANET adalah sebuah divisi pengembangan internet dari departemen pertahanan Amerika Serikat.
Di sinilah dia menulis program untuk mentransfer file yang diberi nama CPYNET. Kemudian, dia juga diminta membuat program SNDMSG (send message). Terpikir olehnya untuk menggabungkan dua program tersebut dan hasilnya e-mail pertama.
Lucunya, sewaktu dia menunjukkan email pertama itu pada rekan kerjanya, justru ia disuruh menyembunyikannya, “Ini bukan yang seharusnya kita kerjakan!” ujar Jerry Burchfiel, rekan sekerjanya itu. Tapi apa daya, teknologi ini merupakan teknologi pengiriman pesan paling murah saat ini. Jutaan orang mengirimkan e-mail setiap harinya.
Walaupun berpredikat sebagai penemu email, tapi namanya tidak sepopuler Morse atau Bell. Mungkin karena teknologi internet berkembang sangat cepat sehingga yang lama mudah terlupakan.
Tapi hasil kerjanya juga mendapatkan penghargaan dari berbagai pihak seperti George R. Stibitz Computer Pioneer Award dari American Computer Museum pada tahun 2000, Webby Award dari International Academy of Digital Arts and Sciences untuk kategori Pencapaian Seumur hidup.
Tahun 2001 dia dilantik sebagai Rensselaer Alumni Hall of Fame. Kemudian, pada 2002 Majalah Discover memberikannya penghargaan innovation Award. Pada 2004 dia menerima IEEE Internet Award bersama Dave Crocker. Dan pada 2009 dia bersama Martin Cooper menerima Prince of Asturias award untuk kategori Penelitian sains dan teknologi.
Pada 21 Maret 2004, Google meluncurkan layanan email gratis berbasis web bernama Google Mail atau biasa disingkat Gmail. Fasilitas yang tersedia dalam Gmail kurang lebih sama dengan layanan email berbasis web lainnya. Anda bisa mengirim dan menerima pesan sekaligus chatting dengan orang-orang yang sudah menjadi teman di akun Anda.
Gmail mempunyai banyak kelebihan, di antaranya kapasitas yang besar, lebih dari 7 GB, sehingga Anda tak perlu repot menghapus email-email yang banyak dan menumpuk bertahun-tahun. Menyediakan fitur anti spam yang baik, sehingga dapat menyaring dan hapus spam dengan otomatis.
Memiliki pula fitur filter yang dapat mem-filter email yang masuk sesuai kategori yang Anda kehendaki secara otomatis. Bisa untuk chatting, memudahkan untuk mendaftar di layanan google lainnya, seperti blogger dan google adsense dan masih banyak lagi. Lalu, bagaimana dengan keistimewaan cara pengetikan alamat Gmail tadi?

Langkah Membuat Alamat Gmail

Langkah membuat alamat gmail itu sangat mudah. Secara garis besar, pembuatannya hampir sama dengan pembuatan akun lainnya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda gunakan sebagai panduan membuat alamat gmail.
  • Ketik ‘gmail’ pada browser, tekan enter. Atau Anda bisa klik ‘telusuri dengan google’.
  • Pilih Gmail, Email from Google. Lalu, akan muncul tampilan muka gmail.com.
  • Lihat kotak di sebelah kanan. Pilih ‘create an account’ atau ‘buat akun’.
  • Pada tampilan akan muncul formulir data diri. Sebelum mengisi form, Anda bisa pilih bahasa yang diinginkan pada kotak di sebelah kanan atas.
  • Isi formulir secara berurut mulai dari nama depan, nama belakang, nama login yang diinginkan. Kemudian cek ketersediaan nama login. Bila nama login yang Anda masukkan sudah dipakai oleh pengguna lain, Anda bisa memilih nama login lain.
  • Selanjutnya, buat password atau kata sandi dengan panjang minimum 8 karakter yang terdiri dari huruf maupun angka. Masukkan kembali sandi dan cek kekuatan password.
  • Kemudian pilih pertanyaan rahasia, ini berguna jika Anda lupa kata sandi maka akun Anda bisa dibuka dengan menggunakan jawaban dari pertanyaan tersebut. Anda juga bisa membuat pertanyaan ini sendiri.
  • Di bawah pertanyaan terdapat email sekunder sebagai antisipasi bila Anda lupa nama gmail dan kata sandinya. Boleh diisi ataupun tidak. Selanjutnya, lokasi wajib diisi.
  • Verifikasi kata sesuai dengan apa yang dapat Anda lihat. Bila kata tersebut tidak jelas, Anda bisa mencoba kata lain dengan meng-klik gambar di sebelah kotak agar memunculkan kata baru.
  • Baca persyaratan layanan lalu klik ‘Saya menerima. Buat akun saya’. Kemudian Anda sudah berhasil mendaftar gmail. Email pertama akan Anda dapat dari tim gmail.
Gmail menyediakan kapasitas 1 gigabyte untuk email Anda. Kapasitas tersebut akan terus bertambah setiap detik dan Anda akan selalu diberitahu berapa kapasitas penyimpanan yang masih tersedia.

Tidak Perlu Titik dan Huruf Besar

Sebagai sebuah layanan email yang handal, Gmail membebaskan pembuatan alamat email sehingga tidak kaku, tidak terlalu harus sesuai pengetikan karakter. Maksudnya, Gmail tidak mengindahkan karakter titik dan huruf capital di alamat gmail Anda. Dengan kata lain, Anda tak perlu lagi dipusingkan dengan pengetikkan alamat email yang mengandung titik atau huruf besar-kecil.
Misalkan, alamat email Anda adalah bambang.susilo@gmail.com, maka Anda dapat memberikan alamat email ini kepada orang lain dengan bambangsusilo@gmail.com atau BambangSusilo@gmail.com atau Bam.BangSusilo@gmail.com , yang mana saja. Jadi, tetap email yang dikirim oleh teman Anda akan sampai ke alamat gmail Anda yang itu-itu juga.
Dengan begitu, Anda bisa memberikan alamat email bervariasi, tak perlu risau dengan kesalahan pengetikan titik atau huruf besar dan kecil, bisa pula untuk mendaftar di layanan internet dengan hanya cukup satu email saja.

Penambahan Karakter Plus

Ada lagi yang istimewa dari alamat gmail Anda. Kita diijinkan untuk menambah karakter plus (+) di belakang alamat email. Misalnya, bambangsusilo+fb@gmail.com untuk keperluan email di facebook. Atau bambangsusilo+ofc@gmail.com untuk keperluan email di office (kantor) Anda.
Semua email yang dikirim pada alamt-alamat email tadi tetap akan masuk ke alamat email Anda. Sehingga, Anda seolah-olah mempunyai alamat email yang banyak, yang digunakan untuk beragam keperluan.
Yang lebih menariknya, akun gmail Anda dapat dimungkinkan untuk menyaring dan memberikan label secara otomatis. Misalnya, bambangsusilo+ofc@gmail.com diberi label kantor, untuk menandai email dari atau untuk keperluan kantor.
Dengan alamat gmail yang seolah memiliki banyak alamat email, ditambah pula dengan kapasitas yang sangat besar untuk ukuran sebuah email, Anda seolah mempunyai sedikit ‘kemewahan’ dari sebuah layanan email.
Perkembangan komunikasi memang semakin menggeliat. Jika di abad ke-17 atau 18, komunikasi dilakukan melalui kantor pos, di abad ke-20 komunikasi sudah dipengaruhi oleh teknologi. Teknologi komunikasi yang terus berkembang ini pada awalnya berupa telepon.
Kemudian, mulai bergeser ke hal-hal seperti adanya radio, fax, dan tanpa melupakan jasa komunikasi yang bernama pos. Semakin bertambahnya umur, perkembangan teknologi komunikasi semakin canggih. Dari macam-macam komunikasi yang ada, kita mengenal komunikasi cyber.
Sebuah komunikasi yang ditunjang dengan kehadiran perangkat piranti lunak bernama internet dan didukung alat-alat yang memadai. Teknologi ini akhirnya bisa terlihat pada penggambaran, seperti internet, email, dan lain-lainnya. Itulah teknologi komunikasi yang tergambar di dunia saat ini, seperti mengirim surat melalui alamat gmail. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About